Header Ads

Kiper Terbaik Petr Cech Akan Segera Pensiun Akhir Musim Ini

Kiper Arsenal Petr Cech Pensiun Akhir Musim Ini

LigaIDN - Kiper Arsenal dan mantan bintang Chelsea, Petr Cech, akan pensiun dari sepakbola profesional pada akhir musim ini.

Petr Cech, 36 tahun, putuskan untuk mengulur-ulur waktu dalam karirnya yang luar biasa setelah posisinya diambil alih Bernd Leno dalam urutan permainan di Arsenal musim ini.

Kontrak Petr Cech di Arsenal memang akan berakhir pada musim panas mendatang, dan dia mengatakan kepada Standard Sport pada awal bulan ini bahwa Arsenal belum tawarkan perpanjangan kontrak padanya.

Tanpa ada tanda-tanda penawaran kontrak baru dari the Gunners, Cech pun mendiskusikan situasinya dengan keluarga dan teman-teman dekatnya, lalu memutuskan untuk menggantung sarung tangannya.

Diskusikan Keputusan Pensiun dengan Keluarga

Cech lalu ungkapkan hal ini dalam sebuah pernyataan di akun media sosial miliknya pada Selasa (15/1) pagi waktu setempat.

“Ini menjadi musim ke-20 bagi saya sebagai pemain profesional, dan sudah 20 tahun sejak saya menandatangani kontrak profesional pertama saya. Jadi, rasanya ini saat yang tepat untuk mengumumkan bahwa saya akan pensiun pada akhir musim ini,” demikian ungkap Cech.

“Setelah bermain selama 15 tahun di Liga Premier dan memenangkan banyak trofi, saya merasa saya telah mencapai semua yang saya inginkan. Saya akan terus bekerja keras di Arsenal, untuk – semoga, memenangkan satu trofi lagi musim ini. Maka saya akan menunggu untuk melihat apa yang ada dalam hidup untuk saya di luar lapangan,” tambahnya.

Pensiun Sebagai Kiper Terbaik Liga Premier

Nantinya, Cech akan pensiun sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah Liga Premier, di mana ia pernah memenangkan gelar pada empat kesempatan selama sembilan tahun karirnya bersama Chelsea. Ini termasuk memenangkan trofi Liga Champions 2012, Liga Europa setahun kemudian, empat gelar juara Piala FA dan tiga Piala Liga.

Cech secara mengejutkan kemudian pindah ke Arsenal pada 2014, dan ikut membawa the Gunners memenangkan trofi Piala FA di tahun 2017. Sayangnya, ini pula yang menjadi trofi terakhir Arsene Wenger sebagai manajer.

Cech juga memenangkan 124 pertandingan bersama Timnas Republik Ceko, dan menerima sejumlah penghargaan individu termasuk Golden Glove di Liga Premier pada empat kesempatan. Selain itu, ia juga sudah dua kali disebut dalam Tim PFA of the Year.

Belum Jelas Karir Setelah Pensiun

Cech memulai musim ini sebagai penjaga gawang pilihan pertama pelatih Unai Emery di depan Bernd Leno, yang baru datang dari Bayer Leverkusen. Cech jadi starter dalam tujuh pertandingan pertama Arsenal di Liga Premier, dan beradaptasi dengan tuntutan Emery untuk mainkan bola dari lini belakang. Sayangnya, Cech mengalami cedera hamstring yang memaksanya diganti di babak kedua laga melawan Watford pada 29 September.

Cech kemudian tidak pernah tampil dalam pertandingan liga sejak saat itu, dan total hanya tampil dalam lima pertandingan. Terakhir, ia bermain saat Arsenal memenangkan putaran ketiga Piala FA di Blackpool pada 5 Januari.

Walau sudah menyatakan akan pensiun, tapi belum ada keputusan yang diambil Cech selanjutnya. Selain itu, Cech juga mengaku belum ada tawaran melatih dari the Gunners.

No comments